Mengenal Reverse Osmosis - 2015-03-04 22:51:16

  • Mengenal_Reverse_Osmosis_2015-03-04_0.jpg

Sejarah Awal Sistem Reverse Osmosis

Walaupun ide penggunaan osmosa balik ini telah diketahui selama 100 tahun, namun secara praktis dikembangkan pada tahun 1962 oleh pemerintah Amerika Serikat yang mendanai pengembangan R.O., pada masa itu proses 1000 galon air bersih perhari. Dengan perkembangannya pada masa ini telah dihasilkan lebih 3000 kali lebih besar air murni yang dihasilkan dari sistem R.O.

Tahun 1991, tentara Amerika Serikat membawa 8.000 membran R.O. (mobile R.O.) untuk para tentaranya pada masa perang teluk.

Tahun 1993, kembali R.O. dipergunakan untuk pemurnian air bah/banjir diwilayah Midwest

Mengapa kita harus perduli akan kebersihan dan kemurnian air yang kita minum?

Sejak tahun 1971, air yang kita minum sehari-hari menjadi sangat berpolusi dalam jumlah yang mengkhawatirkan di danau, sungai dan air tanah (yang pada masa sekarang paling banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari)

Hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 12.000 bahan kimia yang dipasarkan dan 500 bahan diantaranya banyak dipergunakan pada tahun-tahun terakhir ini. Pencemaran tersebut dapat masuk kedalam air minum kita karena sumber air yang ada sudah hampir tercemar polusi tersebut.

Akibat pencemaran tersebut belum sepenuhnya diketahui oleh manusia karena bahan kimia yang memiliki kemampuan berkombinasi dengan bahan-bahan lainnya yang kemungkinan berdampak lebih buruk bagi kesehatan dari sebelumnya.

Jutaan masyarakat saat ini telah membelanjakan uangnya hanya untuk mendapatkan air bersih untuk diminum bagi kebutuhan sehari-harinya seperti air mineral botolan siap minum ataupun  air PAM yang didistribusikan melalui pipa-pipa kesetiap rumah.

Pentingnya air bersih karena lebih dari 70% dari tubuh kita mengandung air, yang mengisi 60.000 mil urat nadi dan arteri dalam tubuh kita. Darah mengandung cairan 50%-60% dan 90% dari cairan tersebut merupakan AIR MURNI. Selama ini ginjal kita bekerja keras untuk membersihkan racun dalam tubuh. Ginjal tentu juga memiliki batas toleransi untuk membuang semua bahan beracun tersebut dan lagi kondisi kita tidak selalu fit untuk setiap saat.

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk memberi zat pelumas pada sendi-sendi dan jaringan lunak, mengisi semua sel dan lubang-lubang kecil dalam tubuh. Dengan cairan tubuh yang sudah tidak baik maka timbul penyakit-penyakit baru pada jaman sekarang.

Air seperti apa yang kita butuhkan sebelum menggunakan sistem Reverse Osmosis?

Pertama, Anda membutuhkan air yang bersih. Walaupun pori dari membran lebih kecil dari micro-organisme, ada kemungkinan (walau sangat kecil) kerusakan sistem akibat kebocoran. Selanjutnya bila air minum Anda tidak siap minum penting untuk membasmi kuman sebelum meminumnya, ini dapat dilakukan dengan klorinasi, ozonisasi , UV (ultra violet) atau ceramic filter

Kedua, jika air Anda memiliki total pelarutan bahan beracun (TDS 500 atau lebih kecil), Anda setidaknya membutuhkan 40 p.s.i. tekanan air. Pada umunya setiap rumah menggunaka air yang bertekanan. Jika Anda tidak/kurang memiliki air yang bertekanan maka Anda dapat menggunakan Booster Pump untuk setiap R.O. Anda.

Ketiga, mungkin Anda menggunakan air yang keras (memiliki kadar serat tinggi/hardwater) maka, Anda perlu melunakkannya (softwater) pada tingkat klasifikasi tertentu yang didasari grains per gallon (gpd).

Jika Anda memiliki kandungan air lebih dari 5 grains per gallon dianjurkan untuk melembutkannya dengan menggunakan pre-filter, ini berguna untuk memperpanjang umur membran dari Reverse Osmosis

Apa membran  itu dan bagaimana kerjanya ?

Membran memiliki beberapa tingkat/lapisan kecil filter/film yang disimpan bersama, melingkar dalam konfigurasi spiral sekeliling pipa plastik (ini dikenal dengan TFC membrane). Bahan membran adalah setengah bahan tembus air. Membran tersebut memberi molekul air untuk lewat sambil menghambat bahan yang berbahaya. Pori dari membrane sangat kecil untuk mengotori air yang dilaluinya.

Kualitas membran memberi peran penting dari sekedar filter konvensional yang Anda taruh pada kran air.

Pada gambar dibawah ini yang memperlihatkan besaran ukuran membran yang akan mencegah bakteri terkecil untuk masuk kedalam air minum Anda.

Dapatkah Anda menjelaskan Osmosa (Osmosis) ?

Membran R.O. kualitas tinggi yang disebut “semi-permiable”, yang berarti air dapat melalui dan mencegah penguraian partikel yang lebih besar untuk melaluinya (tanpa penguraian). Jika Anda menaruh membran antara dua bagian yang terlihat pada gambar dibawah ini dimana bagian sebelah berisi air garam dan sebelahnya air murni dimana ditengah-tengahnya  merupakan membran semi-permeable maka akan terjadi suatu keseimbangan kadar air bila dicampurkan keduanya. Kadar air garam yang semula memiliki Kontaminasi tinggi menjadi memiliki kontaminasi lebih rendah dari semula.

Reverse Osmosis adalah kebalikan/ lawan arah dari normal osmosis. Dalam sebuah sistem filter air tujuannya bukanlah mencampurkan air murni kedalam air garam tetapi memisahkan air garam atau air tercemar menjadi air yang murni. Melalui penekanan (dengan menggunakan pressure punp)

Apa yang terjadi dengan pencemaran ?

Sistem Reverse Osmosis tidak dapat berjalan tanpa pembuangan bahan tercemar (bahan yang tidak dapat melalui membran) dan membran akan dipenuhi kotoran dan terjadi pemnyumbatan sehingga terjadi tekanan yang sangat tinggi. Untuk mencegah hal tersebut maka sistem ini memisahkan kedalam dua bagian, satu bagian untuk air  murni (air yang dapat melalui membran) dan bagian lainnya air kotor yang tidak mamapu melalui membran

Keterangan:

  1. Air kotor masuk kedalam sistem
  2. Air kotor tertahan/gagal masuk kedalam serat membran
  3. Tekanan air menekan molekul air untuk melewati membran
  4. Air Reverse Osmosis disimpan kedalam tangki penyimpanan
  5. Air Kotor keluar dari sistem melalui saluran air pembuangan

Melalui Sistem R.O. ini dapatkah melenyapkan bakteri ? Cryptospodium?

Ya ! Sebuah membran R.O. memiliki ukuran pori lebih kecil dari bakteri dan vi rus, pyrogen atau parasit Cryptospodium. Ia akan membuang segala mikroorganisme dan menghasilkan air murni

Beberapa orang menganggap kegagalan sistem Reverse Osmosis karena membuang sebagian besar mineral-mineral penting bagi tubuh ?

Itu benar, bahan-bahan mineral yang penting bagi tubuh bukanlah berasal dari air saja karena mineral yang dihasilkan dari air sangat sedikit untuk kebutuhan tubuh, akan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan kesehatan/food suplement ataupun buah-buahan serta sayuran yang lebih terjamin tingkat kesegaran dan manfaatnya.

Beberapa kutipan dibawah ini yang dapat menjadi acuan mengenai mineral dalam air:

“Kesadahan air (mineral organik dalam bentuk larutan) ialah penyebab utama berbagai jenis penyakit. Mineral-mineral berat yang lolos dari dinding intestinal dan masuk pada sistem lympatic, yang mana mengirimkan semua produk-produknya melalui darah pada gilirannya beredar keseluruh bagian tubuh. Inilah banyak penyakit yang diderita oleh manusia.” (Dr. Charles Mayo dari Mayo Clinic)

“Mineral yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh ialah mineral organik, semua jenis mineral lain merupakan zat asing bagi tubuh dan harus dihilangkan.” (Dr. Allen E. Banik, MD dalam bukunya The Choise is Clear)

“Kerusakan terbesar yang diakibatkan oleh meneral-mineral organik ditambah kkolesterol waxy dan garam dapat terjdi pada arteri-arteri kecil dan saluran-saluran darah lain dari otak (90% berisi air). Pengerasan arteri-arteri kecil dan saluran-saluran darah bermula pada saat Anda kemasukan bahan Anorganik dan mineral-mineral dari air yang Anda minum kedalam tubuh Anda. (Dr. Paul Bragg, N.D.Ph.d dalam buku The Shocking Truth About Water).

“Kita butuh Mineral untuk tubuh dari makanan yang kita makan bukan berasal dari air yang kita minum”.

Artikel Sejenisnya

Slide11
Terapi Air - 2015-02-13 14:57:12

Cara minum air putih yang baik dan benar akan m - SELENGKAPNYA...

Slide11
Molekul Ajaib - 2015-02-08 19:11:21

Air, yang merupakan sebuah zat cair istimewa un - SELENGKAPNYA...

Slide11
Plastik untuk Air Minum - 2015-03-10 07:31:36

Arti Kode Angka Segitiga pada Kemasan P - SELENGKAPNYA...

Berlangganan

x

Dapatkan password untuk mengakses brosur-brosur dari kami dengan mengirimkan E-mail anda