Plastik untuk Air Minum - 2015-03-10 07:31:36

  • Bahan_Kemasan_Air_MInum_2015-02-17_0.png

Arti Kode Angka Segitiga pada Kemasan Plastik

Tanda atau Logo segitiga yang digunakan adalah kode yang dikeluarkan The Society of Plastic Industry tahun 1998 di Amerika Serikat dan diadopsi oleh lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO. Berikut ini arti angka yang terdapat dalam Kode Segitiga pada Kemasan Plastik tersebut:


1. PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)
Botol jenis PET/PETE ini direkomendasikan hanya sekali pakai. Bila  sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol  meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.

2. HDPE (High Density Polyethylene)
Segitiga dengan angka dua di tengah, biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan lama terhadap suhu tinggi. Merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan.

3. PVC (Polyvinyl Chloride)
PVC (Polyvinyl Chloride) bisa ditemukan pada plastik pembungkus ) dan botol-botol. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan. Bahan ini mengandung klorin dan akan mengeluarkan racun jika dibakar.

4. LDPE (Low Density Polyethylene)
LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/­dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, pakaian, mebel.
LDPE sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5. PP (polypropylene)
Memiliki karakteristik transparan yang tidak jernih atau berawan. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.
Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.


6. PS (Polystyrene)
Bahan ini, biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain.
Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu Hormon Estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang.

7. OTHER (Polycarbonate)
Bahan ini dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.
Merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.

Disadur dari Google+ Andri Endru

Artikel Sejenisnya

Slide11
Terapi Air - 2015-02-13 14:57:12

Cara minum air putih yang baik dan benar akan m - SELENGKAPNYA...

Slide11
Molekul Ajaib - 2015-02-08 19:11:21

Air, yang merupakan sebuah zat cair istimewa un - SELENGKAPNYA...

Slide11
Mengenal Reverse Osmosis - 2015-03-04 22:51:16

Sejarah Awal Sistem Reverse OsmosisSELENGKAPNYA...

Berlangganan

x

Dapatkan password untuk mengakses brosur-brosur dari kami dengan mengirimkan E-mail anda