Sekilas Tentang Air Alkali - 2016-09-20 14:39:58

  • Air_Alkali_2016-09-20_0.jpg

Apa yang dimaksud dengan Air Alkali?

Beberapa tahun terakhir kita banyak mendengar tentang air alkali dan manfaatnya untuk kesehatan. Namun, di satu sisi ada pula pihak yang menyatakan bahwa air alkali tak sepenuhnya aman untuk dikonsumsi setiap waktu. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan air alkali?

Alkali memiliki arti basa, sehingga air alkali memiliki arti air yang bersifat basa.

Sifat basa merupakan sebuah sifat kimia yang menyerap ion hydronium saat dilarutkan dalam air. Sifat basa ini lawan dari sifat asam dan pada air disebut basa apabila memiliki pH lebih darai 7.

Air alkali masuk dalam kategori air yang bersifat basa dan memiliki pH lebih dari 7. Sebagai perbandingan, hampir semua air yang kita minum memiliki pH tepat diangka 7. Hal ini karena air yang diminum merupakan air netral, tidak bersifat asam dan juga tidak bersifat basa. Sedangkan air alkali memiliki pH diatas 7 yang menandakan air ini memiliki sifat basa, pH merupakan tingkatan adanya keasaman/basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 sampai dengan 17. Tinggi rendahnya pH air dipengaruhi terutama oleh kandungan mineral lain yang terdapata dalam air tersebut.

 

    Perbedaan sifat asam dan basa

 


Sifat Asam


Sifat Basa

Memiliki rasa masam.

Menyebabkan perubahan warna lakmus pada tumbuhan dari biru menjadi merah.

Reaksi dengan logam tertentu menghasilkan hydrogen, misalnya pada seng, magnesium, dan besi.

Larutan asam menghasilkan listrik.

Memiliki rasa sedikit pahit.

Menyebabkan perubahan warna lakmus pada tumbuhan dari merah menjadi biru.

Larutan basa terasa licin, misalnya pada sabun.

Larutan basa menghantarkan listrik.

 

Demikian sifat larutan asam dan basa, lalu bagaimanakah sifat air alkali yang memiliki pH diatas normal atau termasuk air yang bersifat basa?

Sejauh ini air yang bersifat basa atau memiliki pH lebih dari 7 terdapat pada mata air yang ada di pegunungan. Rasanya segar dan menyegarkan tubuh. Sifat air alkali sendiri hampir sama dengan sifat air gletser. Keutamaan sifatnya yaitu air gletser begitu segar, bahkan 69% kesegaran air terkunci di dalam gletser. Selain itu rasa khas air alkali seperti halnya kita minumdari sumber mata air pegunungan atau dataran tinggi lainnya.

Jika kita pernah mendengar tentang air zamzam, maka seperti itu rasa air alkali karena ternyata air zamzam memiliki pH di atas 7 dan termasuk air basa. Air zamzam terbentuk dari es yang mencair jauh di bawah tanah gurun. Sampai saat ini manfaat air  zamzam tidak diragukan lagi, meskipun awalnya banyak yang mengira sebagai sugesti. Berikut komposisi air zamzam yang juga bisa dimiliki oleh alkali lainnya;

Memiliki kandungan mineral alami yang tinggi antara lain kalsium, magnesium, dan flourida.

Memiliki muatan ion yang seimbang.

Tidak mengalami perubahan baik dari segi tekstur, warna, dan baunya walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama dan diletakkan dimana saja.

Memiliki Ph yang tinggi atau bersifat basa/alkali seperti yang terkandung dalam buah dan sayur.

 

Air Alkali dan tubuh manusia

Ada banyak pendapat dan perdebatan tentang manfaat air alkali bagi tubuh manusia. Ada pendapat yang menyatakan air alkali sangat bermanfaat tetapi ada ada yang mengatakan tak ada manfaatnya. Bahkan sebagian  lagi mengatakan air alkali berbahaya bagi tubuh manusia. Masing-masing pihak yang berpendapat baik, penuh manfaat, tidak bermanfaat, dan berbahaya memiliki alasan tersendiri dan juga melakukan penelitian dengan kategorinya sendiri.

Berikut beberapa pihak yang menyatakan bahwa air alkali penuh manfaat:

Sang Whang

Seorang penulis buku Reserve Aging ini berpendapat bahwa air alkali sangat bermanfaat bagi pencegahan penuaan dini pada manusia, alasannya manusia memilki sisa-sisa pembakaran yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. sisa pembakaran ini secara alami telah dikeluarkan dalam bentuk air seni ataupun keringat. Untuk mengeluarkan sisa pembakaran yang berupa racun bersifat asam dari tubuh manusia di butuhkan air minum dalam jumlah yang mencukupi. Lebih baik lagi jika air tersebut bersifat alkakli/ basa dengan pH sedikit di atas 7. Air yang bersifat basa akan lebih mudah menggolontorkan zat-zat beracun sisa pembakaran yang bersifat asam dari dalam tubuh manusia.

Dr. Theodore Baroody

Dokter yang menulis buku Alkaline or Die mengemukakan manfaat air alkali bagi pencegahan dan penyembuhan penyakit tumor dan kanker. Menurutnya tumor dan  kanker tidak dapat hidup dalam keadaaan alkali. Sebaiknya setiap orang mengonsumsi air alkali untuk pencegahan tumor dan kanker. Hal ini terutama dilakukan pada mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita tumor atau kanker.

Daniel Reid

Seorang penulis buku The Tao of Detox atau Detox ala Tao mengemukakan bahwa air alkali sangat baik sebagai sarana detoksifikasi. Air ini bisa mentralkan dan mengeluarkan semua racun dan asam yang mengalir di dalam tubuh manusia.

Berikut bebrapa pihak yang menyatakan bahwa air alkali berbahaya?

Dr David Brownstein

Seorang dokter yang juga penulis, dosen, dan praktisi terkemuka pengobatan holistic. Dia mengatakan bahwa mngoptimalkan pH didalam tubuh tidak mebutuhkan air alkali. Menurutnya makan makanan sehat dengan kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh jauh lebih optimaluntuk memelihara kesehatan manusia.

 

Dr Bob Arnot MD

Seorang ahli gizi sekaligus penulis, menyatakan sebuah pernyataan dalam artikel di media Mens Health Journal bahwa air alkali tidak berpengaruh apapun pada tubuh manusia. Saat seseorang minum air alkali, maka secara otomatis tubuh manusia akan memproduksi asam dalam jumlah lebih untuk menetralisirnya.

 

Demikian pendapat ahli yang bertentangan antara pro dan kontra terhadap keberadaan air alkali bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu, kita ikut yang mana? Semua kembali kepada individu masing-masing. Yang pasti sejauh pH pada air yang kita minum masih tetap berkisar di angka 7 (pH air normal) maka tingkat bahaya pada air tersebut tetap bisa di netralisir oleh tubuh. pH yang disarankan oleh Departemen Kesehatan berkisar antara 6,5 – 8,5. Minum air di bawah pH 6,5 bersifat terlalu asam dan tak baik bagi kesehatan seperti gangguan pencernaan, mudah lelah, dan sakit pada sendi. Demikian pula air yang memiliki pH diatas 8,5 tidak disarankan karena terlalu alkali. Selain rasanya cenderung pahit, air ini juga tak baik bagi kesehatan tubuh.

Lalu bagaimana dengan konsumsi air alkali?

Sejauh pH air alkali masih di bawah 8,5 berarti masih tetap aman untuk di konsumsi. Hal ini sesuai dengan saran dari Departemen Kesehatan. Jadi air alkali yang layak konsumsi adalah ber pH antara 7,1 – 8,4.

Artikel Sejenisnya

Slide11
Terapi Air - 2015-02-13 14:57:12

Cara minum air putih yang baik dan benar akan m - SELENGKAPNYA...

Slide11
Molekul Ajaib - 2015-02-08 19:11:21

Air, yang merupakan sebuah zat cair istimewa un - SELENGKAPNYA...

Slide11
Plastik untuk Air Minum - 2015-03-10 07:31:36

Arti Kode Angka Segitiga pada Kemasan P - SELENGKAPNYA...

Berlangganan

x

Dapatkan password untuk mengakses brosur-brosur dari kami dengan mengirimkan E-mail anda