TDS, apakah itu? - 2015-03-29 16:05:59

  • TDS_apa_itu_2015-03-29_0.jpg

 

TDS terdiri dari garam anorganik (terutama kalsium, magnesium, kalium, natrium,
bikarbonat, klorida dan sulfat) dan sejumlah kecil bahan organik yang
dilarutkan dalam air.

TDS dalam air minum berasal dari sumber alami, limbah,limpasan perkotaan dan air limbah industri. Garam yang biasa digunakan untuk proses pencairan es (de-icing) di beberapa negara juga dapat menyebabkan kandungan TDS air minum meningkat. Konsentrasi TDS dalam air bervariasi dalam wilayah geologi yang berbeda karena perbedaan kelarutan mineral.

Data yang dapat diandalkan tentang efek kesehatan yang mungkin terkait dengan konsumsi TDS di air minum tidak tersedia, dan tidak ada nilai pedoman berbasis kesehatan diusulkan.Namun, Nilai TDS yang tinggi  dalam air minum mungkin masih layak kepada konsumen

Sejarah perkembangan pedoman
1958 Standar Internasional WHO untuk air minum menunjukkan bahwa konsentrasi total padatan yang lebih besar dari 1500 mg / liter nyata akan merusak sifat layak  air minum. 1963 dan 1971 Standar Internasional mempertahankan nilai ini sebagai konsentrasi yang diijinkan atau maksimum yang diizinkan. Dalam edisi pertama Pedoman Kualitas air minum, yang diterbitkan pada tahun 1984, nilai pedoman dari 1000 mg / liter didirikan untuk TDS, berdasarkan pertimbangan rasa. Tidak ada nilai pedoman berbasis kesehatan bagi TDS diusulkan pada 1993, sebagai data yang dapat dipercaya tentang efek kesehatan yang mungkin terkait dengan konsumsi TDS dalam air minum yang tidak tersedia.Bagaimanapun, kehadiran tingkat tinggi TDS dalam air minum ( lebih besar dari 1200 mg / liter) masih dimungkinkan pantas untuk dikonsumsi. Air dengan konsentrasi yang sangat rendah TDS juga mungkin tidak dapat diterima karena flat, rasa yang kurang enak dan PH yang tidak memenuhi syarat.

Tanggal Penilaian
Penilaian risiko awalnya dilakukan pada tahun 1993. Pertemuan/rapat terakhir pada tahun 2003 setuju bahwa penilaian risiko ini dibawa ke depan untuk Pedoman Kualitas air minum (WHO Guidelines for Drinking-water Quality).

Pada Buku Guidelines for Drinking Water Quality (3th.edition)

"The palatability of water with a TDS level of less than 600 mg/litre is generally considered to be good; drinking-water becomes significantly and increasingly unpalatable at TDS levels greater than about 1000 mg/litre. The presence of high levels of TDS may also be objectionable to consumers, owing to excessive scaling in water pipes,heaters, boilers and household appliances. No health-based guideline value for TDS has been proposed"

yang artinya kurang lebih sebagai berikut :

"Palatabilitas air dengan tingkat TDS kurang dari 600 mg / liter umumnya dianggap baik; air minum menjadi semakin enak pada tingkat TDS lebih besar dari sekitar 1.000 mg / liter. Kehadiran tingkat tinggi TDS mungkin masih pantas kepada konsumen, karena skala yang berlebihan di pipa air,pemanas, boiler dan peralatan rumah tangga. Tidak ada nilai pedoman berbasis kesehatan untuk TDS telah diusulkan"

Referensi utama
WHO (2003) Jumlah padatan terlarut dalam air minum. Dokumen Latar Belakang untuk persiapan Pedoman WHO untuk kualitas air minum. Jenewa, Organisasi Kesehatan Dunia
(WHO / SDE / WSH / 03.04 / 16).

Guidelines for Drinking-water Quality :4th Edition download

 

 

Artikel Sejenisnya

Slide11
Terapi Air - 2015-02-13 14:57:12

Cara minum air putih yang baik dan benar akan m - SELENGKAPNYA...

Slide11
Molekul Ajaib - 2015-02-08 19:11:21

Air, yang merupakan sebuah zat cair istimewa un - SELENGKAPNYA...

Slide11
Plastik untuk Air Minum - 2015-03-10 07:31:36

Arti Kode Angka Segitiga pada Kemasan P - SELENGKAPNYA...

Berlangganan

x

Dapatkan password untuk mengakses brosur-brosur dari kami dengan mengirimkan E-mail anda