Apakah Alkaline Water Lebih Baik Dari Air Mineral Biasa? - 2018-09-20 14:58:35

  • Apakah_Alkaline_Water_Lebih_Baik_Dari_Air_Mineral_Biasa_2018-09-20_0.gif

Berbicara soal kesehatan, tentu tak akan terlepas dari peran air mineral bagi tubuh. Air mineral—atau purified water—telah terbukti memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, seperti membantu proses detoksifikasi hingga metabolisme tubuh. 

Air mineral juga baik untuk kondisi psikologis seseorang karena dapat menurunkan suhu panas dalam tubuh. Sepertinya tidak ada yang meragukan manfaat dari air mineral, kan? 

Lalu bagaimana dengan air alkali atau dikenal alkaline water? Apakah benar air alkali memiliki manfaat yang lebih baik bagi tubuh ketimbang air mineral biasa? 

Sebelum membahas lebih jauh, Anda perlu mengetahui bahwa air mineral biasa memiliki tingkat keasaman (pH) di angka 7, sedangkan air alkali memiliki pH di atas angka 7. Air alkali adalah air yang sudah diionisasi dan memiliki kandungan kalcium, silika, potassium, magnesium, dan bikarbonat. Kandungan ini dipercaya memiliki fungsi untuk mentralisir racun yang ada di dalam tubuh. 

Tak hanya itu, air alkali sering digunakan untuk membantu proses diet hingga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan. Dengan kandungan tersebut, air alkali sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Peningkatan kebutuhan ini disebabkan oleh semakin memburuknya gaya hidup masyarakat dunia. 

Minuman dengan perasa dan pemanis—seperti soda dan sirup—menjadi minuman yang seringkali menjadi pilihan. Banyaknya minuman seperti ini membuat tingkat racun dalam tubuh justru menumpuk. Inilah tugas air alkali yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Meskipun air alkali dipercaya banyak memberikan kebaikan bagi tubuh, namun ada juga yang berpendapat jika air ini justru dapat berdampak buruk bagi tubuh. 

Pasalnya, setiap organ memiliki jumlah pH yang unik dan berbeda. Air mineral dengan pH 7—tepatnya 7,4—adalah jumlah pH paling baik bagi tubuh. Hal ini tak bisa disalahkan. Sebenarnya, dilansir dari MedicalDaily.com, terlalu banyak mengonsumsi air alkali dapat menyebabkan sakit kepala, rasa lelah, nyeri otot, dan kembung karena banyaknya gas di dalam tubuh.

Untuk tetap mndapatkan keuntungan dari mengonsumsi air alkali, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

 

Maksimal 3 gelas per hari

Jangan meminum lebih daripada apa yang dianjurkan. Remember Glitzy, don’t be too much alkaline nor too much acid in your body. Jadi, tetap konsumsi dalam jumlah seimbang air alkali dan tetap diiringi oleh air mineral.

 

Cek kondisi kesehatan Anda

Tidak semua orang yang mengonsumsi air alkali mendapatkan efek yang sama. Ini disebabkan tingkat racun dan pH dalam tubuh seseorang berbeda-beda. Sebagian orang dapat meminum air alkali dengan kandungan pH 9, sementara sebagian lagi hanya sanggup meminum air alkali dengan pH 8. Bagi Anda yang baru saja memulai, cobalah dengan mengonsumsi air alkali dengan pH yang tak terlalu jauh dari air mineral biasa.

 

Konsumsi air mineral

Tak ada yang meragukan manfaat dari air mineral, karena itu Anda jangan melupakan 8 gelas air mineral per hari untuk dikonsumsi. Jangan dikurangi walaupun Anda sudah mengonsumsi air alkali.

 

Kurangi jumlahnya jika Anda mengalami dampak buruk air alkali

Saat Anda merasa ada keluhan saat mengonsumsi air alkali, ada baiknya mengurangi jumlah atau justru menghentikan mengonsumsinya. Untuk menyiasatinya, Anda disarankan untuk mencampur setengah air alkali di gelas Anda dengan air mineral biasa. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan University of British Columbia.

Artikel Sejenisnya

Slide11
Terapi Air - 2015-02-13 14:57:12

Cara minum air putih yang baik dan benar akan m - SELENGKAPNYA...

Slide11
Molekul Ajaib - 2015-02-08 19:11:21

Air, yang merupakan sebuah zat cair istimewa un - SELENGKAPNYA...

Slide11
Plastik untuk Air Minum - 2015-03-10 07:31:36

Arti Kode Angka Segitiga pada Kemasan P - SELENGKAPNYA...

Berlangganan

x

Dapatkan password untuk mengakses brosur-brosur dari kami dengan mengirimkan E-mail anda